Senin, 26 Mei 2014

MEDIA PEMBELAJARAN

TUGAS RANCANGAN PEMBELAJARAN

Untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah media pembelajaran

Dosen Pengampu:

Dr. Indrati Kusumaningrum, M.Pd

 

Oleh:

Desfina Dwiyany (1303873)

 

PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN (S2)

 PASCASARJANA UNIVERSITAS NEGERI PADANG

2014

 

PENDAHULUAN

Proses merupakan hal utama dalam menetukan tercapai atau tidak tercapainya suatu tujuan dalam kegiatan belajar mengajar. Ketercapaian dalam proses belajar mengajar ditandai dengan adanya perubahan tingkah laku. Perubahan tingkah laku tersebut baik yang menyangkut perubahan bersifat pengetahuan (kognitif), keterampilan (psikomotor) maupun yang menyangkut nilai dan sikap (afektif).

Dalam proses belajar mengajar, ada banyak hal yang mempengaruhi diantaranya pendidik, peserta didik, lingkungan,penggunaan alat atau media serta metode/teknik . Pada kenyataannnya, apa yang terjadi dalam pembelajaran seringkali proses ini berlangsung tidak efektif. Banyak waktu, tenaga dan biaya yang terbuang sia-sia sedangkan apa yang diharapkan diakhir pembelajaran tidak dapat tercapai bahkan terjadi kesalahpahaman dalam komunikasi antara pengajar dan pelajar.

Dengan bantuan media, pendidik dapat menciptakan berbagai situasi kelas, menentukaan metode yang akan dipakai dalam situasi yang berlainan serta menciptakan iklim yang sehat diantara peserta didik. Bahkan alat/media ini selanjutnya dapat membantu guru membawa dunia luar ke dalam kelas. Dengan demikian ide yang abstrak dan asing sifatnya menjadi konkrit dan mudah dimengerti oleh peserta didik. Bila alat/media pembelajaran ini dapat di fungsikan secara tepat dan proforsional, maka proses belajar mengajar akan dapat berjalan efektif

Hamalik (1986) mengemukakan bahwa pemakaian media pembelajaran dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan keinginan dan minat yang baru, membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar, dan bahkan membawa pengaruh-pengaruh psikologis terhadap siswa.

Pemanfaatan media dalam pembelajaran salah satunya bisa diterapkan melalui penggunaan model pembelajaran assure. Model ASSURE ini merupakan suatu rujukan bagi pendidik dalam membelajarkan peserta didik dalam pembelajaran yang direncanakan dan disusun secara sistematis dengan mengintegrasikan teknologi dan media sehingga pembelajaran menjadi lebih efektif dan  bermakna bagi peserta didik (Smaldino, dkk.,2008:87). Pembelajaran dengan menggunakan model ASSURE mempunyai beberapa tahapan yang dapat membantu terwujudnya pembelajaran yang efektif dan bermakan bagi peserta didik. Tahapan tersebut menurut Smaldino adalah sebagai berikut:

Ø  Analyze Learner

Tujuan utama dalam menganalisa termasuk pendidik dapat menemui kebutuhan belajar siswa yang urgen sehingga mereka mampu mendapatkan tingkatan pengetahuan dalam pembelajaran secara maksimal.

 

Ø  State Standart and Objective

Dengan menentukan standard an tujuan diharapkan peserta didik dapat memperoleh suatu kemampuan dan kompetensi tertentu dari pembelajaran. Dalam merumuskan tujuan dan standar pembelajaran perlu memperhatikan dasar dari strategi, media dan pemilihan media yang tepat.

 

Ø  Select Strategies, Technology, Media, And Materials 

Langkah selanjutnya dalam membuat pembelajaran yang efektif adalah mendukung pemblajaran dengan menggunakan teknologi dan media dalam sistematika pemilihan strategi, teknologi dan media dan bahan ajar.

Ø  Utilize Technology, Media And Materials 

Memanfaatkan teknologi, media dan bahan yang tersedia sebaik mungkin dalam pembelajaran.

 

 

Ø  Require Learner Parcipation 

Tujuan utama dari pembelajaran adalah adanya partisipasi siswa terhadap materi  dan media yang kita tampilkan. Seorang guru pada era teknologi sekarang dituntut untuk  memiliki pengalaman dan praktik menerapkan, menganalisis, mensintesis, dan mengevaluasi ketimbang sekedar memahami dan memberi informasi kepada siswa.

 

Ø  Evaluate And Revise 

Penilaian dan perbaikan adalah aspek yang sangat mendasar untuk mengembangkan kualitas pembelajaran.

 

PEMBAHASAN

RANCANGAN PERENCANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Mata Pelajaran : Bahasa Inggris

Kelas/Semester : IX/I

Standar Kompetensi  : Mendengarkan.

     Kompetensi Dasar :  Merespon makna dalam monolog pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk narative.

A. Tujuan Pelajaran

Ø  Memahami teks monolog yang diperdengarkan berupa teks lagu berbahasa Inggris.

Ø  Melengkapi kata-kata dalam teks monolog pendek.

Ø  Mengidentifikasi kosa kata yang ditemukan dalam teks monolog pendek.

Ø  Memberikan komentar terkait materi

 

B. Materi Pelajaran

Ø  Teks monolog pendek berupa teks lagu

C. Kegiatan Siswa

1.     Guru memperdengarkan sebuah lagu menggunakan kaset audio dan siswa menyimak lagu yang diperdengarkan.

2.     Guru memutarkan lagu secara berulang-ulang dan siswa melengkapi missing words dalam teks lagu.

3.      Siswa mengidentifikasi dan mengkategorikan kosa kata dan tata bahasa yang kemungkinan besar muncul dalam mendengarkan topic materi.

4.     Siswa dan guru secara bersama-sama membahas hasil dari kegiatan mendengarkan yang telah dilakukan oleh siswa.

5.     Siswa memberikan komentar tentang materi yang telah dipelajari

D. Sumber dan Media

Ø  Tape audio / Kaset / CD

Ø  Teks lagu

E. Penilaian

Ø  Bentuk instrument.

-        Tes tulis : melengkapi kata yang hilang didalam teks

-        Mengkategorikan bentuk kata

 

 

 

 

                  Ø Pedoman pengskoran  untuk melengkapi kata yang hilang:

                       Uraian

    Score

Total score

1.     Menuliskan jawaban benar dan  penulisan kata tepat

2

2.     Menuliskan jawaban tapi salah

1

3.     Tidak menuliskan jawaban sama sekali

0

 

Nilai akhir:    Jumlah skor  x 100

                              Jumlah Soal

 

 

KESIMPULAN

Dalam memberikan pembelajaran pendidik harus bisa menjadikan bagaimana pembelajaran tersebut dapat membentuk peserta didik yang memiliki sikap, kecerdasan dan keterampilan sesuai dengan tujuan pendidikan. Untuk mencapai itu semua ada beberapa hal yang bisa digunakan guru dalam proses pembelajarannya yaitu seperti guru harus bisa menggunakan media, metode, strategi, teknik atau pun model pembelajaran yang dapat mendukung proses pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang dapat dipakai oleh guru adalah model pembelajaran ASSURE yang mana model ini merupakan suatu rujukan bagi pendidik dalam membelajarkan peserta didik dalam pembelajaran yang direncanakan dan disusun secara sistematis dengan mengintegrasikan teknologi dan media sehingga pembelajaran menjadi lebih efektif dan  bermakna bagi peserta didik.

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar