TUGAS RANCANGAN PEMBELAJARAN
Untuk memenuhi salah satu tugas mata
kuliah media pembelajaran
Dosen Pengampu:
Dr. Indrati Kusumaningrum,
M.Pd
Oleh:
Desfina Dwiyany (1303873)
PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN (S2)
PASCASARJANA UNIVERSITAS
NEGERI PADANG
2014
PENDAHULUAN
Proses merupakan
hal utama dalam menetukan tercapai atau tidak
tercapainya suatu tujuan dalam kegiatan
belajar mengajar. Ketercapaian dalam proses belajar mengajar ditandai dengan adanya perubahan
tingkah laku. Perubahan tingkah laku tersebut
baik yang menyangkut perubahan bersifat pengetahuan (kognitif), keterampilan (psikomotor) maupun yang menyangkut nilai dan sikap
(afektif).
Dalam proses
belajar mengajar, ada banyak hal yang mempengaruhi diantaranya pendidik, peserta didik, lingkungan,penggunaan alat atau media serta metode/teknik
. Pada
kenyataannnya, apa
yang terjadi dalam pembelajaran seringkali proses ini berlangsung tidak efektif. Banyak waktu, tenaga dan
biaya yang terbuang sia-sia sedangkan apa yang diharapkan
diakhir pembelajaran tidak dapat tercapai
bahkan terjadi kesalahpahaman dalam komunikasi antara pengajar dan pelajar.
Dengan bantuan media,
pendidik dapat menciptakan berbagai situasi kelas, menentukaan metode yang akan dipakai
dalam situasi yang berlainan serta menciptakan iklim yang sehat diantara peserta didik. Bahkan alat/media ini selanjutnya dapat membantu guru membawa dunia luar ke
dalam kelas. Dengan demikian ide yang abstrak dan asing sifatnya
menjadi konkrit dan mudah dimengerti
oleh peserta didik. Bila alat/media pembelajaran ini dapat di fungsikan secara tepat dan
proforsional, maka proses belajar mengajar akan dapat
berjalan efektif
Hamalik (1986) mengemukakan
bahwa pemakaian media pembelajaran dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan keinginan dan minat
yang baru, membangkitkan motivasi dan rangsangan
kegiatan belajar, dan bahkan membawa
pengaruh-pengaruh psikologis
terhadap siswa.
Pemanfaatan media dalam pembelajaran salah satunya bisa diterapkan
melalui penggunaan model pembelajaran assure. Model ASSURE ini
merupakan suatu rujukan bagi pendidik
dalam membelajarkan peserta didik dalam
pembelajaran yang direncanakan
dan disusun secara sistematis dengan mengintegrasikan teknologi dan media sehingga pembelajaran menjadi lebih efektif
dan bermakna
bagi peserta didik (Smaldino, dkk.,2008:87). Pembelajaran dengan menggunakan model
ASSURE mempunyai beberapa
tahapan yang dapat membantu terwujudnya pembelajaran yang efektif dan bermakan bagi
peserta didik. Tahapan tersebut menurut Smaldino adalah sebagai berikut:
Ø Analyze Learner
Tujuan utama dalam menganalisa termasuk pendidik dapat menemui kebutuhan belajar siswa yang urgen sehingga mereka mampu mendapatkan
tingkatan pengetahuan dalam pembelajaran secara maksimal.
Ø State Standart and Objective
Dengan menentukan standard an
tujuan diharapkan peserta didik dapat
memperoleh suatu kemampuan dan kompetensi
tertentu dari pembelajaran. Dalam merumuskan tujuan
dan standar pembelajaran perlu memperhatikan dasar dari strategi, media dan pemilihan media yang tepat.
Ø Select Strategies, Technology, Media, And Materials
Langkah selanjutnya dalam
membuat pembelajaran yang efektif adalah mendukung pemblajaran dengan menggunakan teknologi dan media dalam sistematika pemilihan strategi, teknologi dan media dan bahan ajar.
Ø Utilize Technology, Media And Materials
Memanfaatkan teknologi, media dan
bahan yang tersedia sebaik mungkin dalam pembelajaran.
Ø Require Learner Parcipation
Tujuan utama dari pembelajaran adalah adanya partisipasi siswa terhadap materi dan media
yang kita tampilkan. Seorang guru pada era teknologi sekarang dituntut untuk memiliki
pengalaman dan praktik menerapkan, menganalisis, mensintesis, dan mengevaluasi ketimbang sekedar memahami dan memberi
informasi kepada siswa.
Ø Evaluate And Revise
Penilaian dan perbaikan adalah aspek yang sangat mendasar untuk mengembangkan kualitas pembelajaran.
PEMBAHASAN
RANCANGAN PERENCANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : IX/I
Standar Kompetensi : Mendengarkan.
Kompetensi
Dasar :
Merespon makna dalam monolog
pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara
akurat, lancar dan berterima untuk
berinteraksi dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk
narative.
A. Tujuan Pelajaran
Ø Memahami teks monolog yang diperdengarkan berupa teks lagu
berbahasa Inggris.
Ø Melengkapi
kata-kata dalam teks
monolog pendek.
Ø Mengidentifikasi
kosa kata yang ditemukan dalam teks monolog pendek.
Ø Memberikan komentar terkait materi
B. Materi Pelajaran
Ø Teks monolog pendek berupa teks
lagu
C. Kegiatan Siswa
1. Guru memperdengarkan sebuah lagu menggunakan kaset audio dan siswa menyimak lagu yang diperdengarkan.
2. Guru memutarkan lagu secara berulang-ulang dan siswa melengkapi
missing words dalam teks lagu.
3. Siswa mengidentifikasi dan mengkategorikan kosa kata dan tata bahasa
yang kemungkinan besar muncul dalam mendengarkan
topic materi.
4. Siswa
dan guru secara bersama-sama membahas hasil dari kegiatan
mendengarkan yang telah dilakukan oleh siswa.
5. Siswa memberikan komentar tentang materi yang telah dipelajari
D. Sumber dan Media
Ø Tape audio / Kaset / CD
Ø Teks lagu
E. Penilaian
Ø Bentuk instrument.
-
Tes tulis : melengkapi kata yang hilang didalam teks
-
Mengkategorikan bentuk kata
Ø Pedoman
pengskoran untuk melengkapi kata yang hilang:
Uraian |
Score |
Total score |
1. Menuliskan jawaban benar dan penulisan kata tepat |
2 |
|
2. Menuliskan jawaban tapi salah |
1 |
|
3. Tidak menuliskan jawaban sama sekali |
0 |
Nilai akhir:
Jumlah skor x 100
Jumlah Soal
KESIMPULAN
Dalam memberikan pembelajaran
pendidik harus bisa menjadikan bagaimana pembelajaran tersebut dapat membentuk peserta didik yang memiliki sikap, kecerdasan dan keterampilan sesuai dengan tujuan
pendidikan. Untuk mencapai itu semua ada
beberapa hal yang bisa digunakan guru dalam proses pembelajarannya yaitu seperti guru harus bisa menggunakan
media, metode, strategi, teknik atau pun model pembelajaran yang dapat mendukung proses pembelajaran.
Salah satu model pembelajaran
yang dapat dipakai oleh guru adalah model pembelajaran ASSURE yang mana
model ini merupakan suatu rujukan bagi
pendidik dalam membelajarkan peserta didik dalam pembelajaran
yang direncanakan dan disusun secara sistematis dengan mengintegrasikan teknologi dan media sehingga pembelajaran menjadi lebih efektif dan
bermakna bagi
peserta didik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar